Categories
Categories
Egafood Indonesia
by on February 23, 2022
175 views
Bagi kamu yang gemar membuat kue mungkin kamu harus tahu beberapa peralatan yang dibutuhkan dalam pembuatan kue. Baik itu membuat kue untuk camilan atau untuk binis usaha tertentu yang bergerak dalam kue. Nah, dalam membuat kue terdapat beberapa cara yang bisa kamu lakukan, seperti dikukus, dimasak, dan dipanggang. Ketiga cara ini berbeda-beda cara pembuatannya, karena kalau untuk kukus biasanya hanya untuk kue basah sedangkan dimasak dan dipanggan untuk kue kering.

Namun dari ketiga cara tersebut, banyak orang lebih suka pemanggangan kue. Hal ini bukan tanpa sebab, karena memanggang kue lebih mudah dan cepat, apalagi tidak perlu minyak dan lain-lain. Akan tetapi dalam membuat kue dipanggan tidaklah mudah, kamu harus bisa memilih oven yang bagus agar hasilnya sempurna. Apalagi kamu juga paham cara mengatur suhu terhadap oven tersebut. Oven kue sendiri pada umumnya terbagi atas beberapa jenis, seperti oven kompor, oven listrik, hingga oven gas.

Dari jenis-jenis oven ditas berbeda hasil kue yang bisa kamu dapatkan, ada yang menggunakan listrik untuk memanggan kue, ada yang menggunakan api dari minyak tanah untuk memanggan kue, ada juga yang menggunakan gas untuk memanggannya. Namun tetap saja, sebagai masyarakat umum pasti ingin membuat kue dengan cara yang mudah serta praktis. Mak dari itu, tak jarang orang masih belum paham cara memilih oven kue yang bagus untuk proses pembuatan kue dengan hasil sempurna.

Oven Listrik
Oven listrik dapat digunakan untuk memasak hidangan, mulai dari kue kering, roti, pizza, schotel. Saat ini, banyak yang menyarankan oven listrik sebagai salah satu pembuatan kue, karena paling serbaguna dan praktis. Tanpa memerlukan kompor ataupun sumber panas lainnya, kamu hanya perlu mencolokannya pada sumber listrik. Kelebihan oven listrik yaitu memiliki pengaturan waktu dan suhu secara otomatis sesuai dengan jenis kue yang sedang dipanggang. Harga tidak terlalu mahal, sesuai dengan merek yang dipilih. Mudah dipindahkan kemanapun, karena tidak berat dan panasnya dapat dikombinasikan atas-bawah sesuai keinginan kamu.

Oven Kompor
Sesuai dengan namanya, oven kompor berarti oven yang nangkring di atas sumber panas api. Oven kompor terbuat dari alumunium atau besi yang dijual dalam bentuk dua versi, yaitu otang dengan bagian atas cekung dan otang dengan bagian atas lurus. Oven kompor dapat digunakan memanggang berbagai jenis kue, schotel, lasagna, pizza, hingga roti. Jika kamu ingin memanggang roti, maka gunakanlah api besar. Sementara jika kamu ingin memanggang kue kering gunakanlah api kecil hingga sedang. Kelebihan oven kompor yaitu harga sangat terjangkau, mudah dipindahkan dan dibawa pegergian, selama terdapat sumber panas seperti api.

Oven Gas
Oven gas memerlukan gas elpiji untuk menghasilkan panas dan api dalam memanggan kue. Terdapat dua jenis oven gas yang bisa kamu jadikan pilihan, yaitu oven yang menyatu dengan kompor dan oven yang berdiri sendiri. Dengan kapasitas yang besar, maka oven gas dapat digunakan untuk memanggang kue dalam jumlah banyak, sehingga sangat cocok untuk kamu yang sedang menjalankan bisnis kue. Oven ini sangat serbaguna, bisa digunakan untuk manggang kue, roti, schotel, pizza, hingga. Penggunaan oven gas sangat cocok untuk industri yang memang membutuhkan kapasitas besar dalam sekali pemanggangan, seperti restoran dan toko roti.

Dalam menggunakan oven kue memang tidak boleh sembarangan. Untuk pemula biasanya lebih disarankan menggunakan oven listrik, karena penggunaannya yang lebih praktis dan efisien serta mampu menghasilkan kue yang kualitas yang sesuai dengan harapan. Sedangkan untuk kamu yang sudah ahli membuat kue dan ingin membuat kue dalam jumlah banyak dengan biaya murah, mungkin bisa menggunakan oven gas. Maka dari itu, dalam memilih oven yang bagus anda harus ketahui beberapa cirinya, yaitu:

Pertama, memilih oven kue terbaik harus disesuaikan dengan daya listrik yang ada di rumah kamu. Khususnya untuk kamu yang gemar menghabiskan waktu di dapur, oven jelas menjadi salah satu barang yang paling sering digunakan. Oleh karena itu, pastikan bahwa oven yang kamu pilih tidak memiliki daya listrik yang sesuai. Kedua, memilih oven kue terbaik juga harus disesuaikan dengan kapasitas. Hal satu ini sebenarnya tergantung dari kebutuhan masing-masing. Apabila kamu merupakan pelaku usaha untuk berbagai jenis kue, maka jelas kamu harus memilih oven dengan kapasitas yang besar dan dapat memproduksi kue dalam jumlah banyak.

Terakhir, yang perlu diperhatikan ketika anda ingin membeli oven kue adalah perhatikan material dan fitur dari oven itu sendiri. Stainless steel merupakan salah satu jenis bahan oven kue yang dianggap paling baik untuk oven listrik. Selain karena cenderung lebih tahan lama dan tidak mudah penyok, oven yang terbuat dari bahan stainless steel juga dianggap mampu menghasilkan panas yang merata, sehingga membuat kue jadi lebih cepat matang dan efektif dengan tingkat kematangan yang sempurna.

Hingga saat ini, sudah banyak sekali oven kue yang dijual di pasaran, khususnya untuk oven listrik. Namun, ternyata tidak semua oven yang ada memiliki daya yang rendah. Sementara jika kamu gunakan di dalam kehidupan sehari-hari, jelas oven dengan daya listrik yang rendah menjadi satu hal yang lebih dijadikan pilihan. Nah, beberapa contoh oven kue yang paling banyak dicari yaitu Oven Sinmag, Oven Oxone, Oven Sharp, Oven Maspion, Oven Denpoo, Oven Galanz, dan Oven Microwave.
Posted in: Food, Bakeries
Topics: oven kue
Be the first person to like this.