Categories
Categories
rizalfirdaus
by on March 3, 2020
50 views
Instrumen biologis (instrumen bedah) adalah instrumen yang digunakan untuk melakukan kegiatan bedah, seperti anatomi hewan dan manusia, dll. Beberapa bagian juga diperlukan dalam menyiapkan persiapan sayuran. Pada manusia, pembedahan berkembang sangat cepat sehingga sama sekali berbeda dari zaman kuno. Saat ini, ada instrumen bedah invasif minimal yang dibuat hanya dengan membuat sayatan kecil di kulit untuk operasi.
Dalam melakukan operasi di laboratorium biologi, kita memerlukan bantuan dari perangkat biologis yang dapat memfasilitasi operasi dan penelitian. Instrumen bedah yang memenuhi standar laboratorium biologi tercantum di bawah ini.
1. Erlenmeyer flask (Erlenmeyer flask)
Tabung Erlenmeyer Falsk memanaskan cairan dan bahan penelitian, mengumpulkan titrasi (larutan titrasi) dalam proses titrasi dan dapat digunakan sebagai lahan subur bagi mikroba. Erlenmeyer Flask (Erlenmeyer Flask) mengandung beberapa ukuran sesuai dengan kebutuhan Anda, dari proses titrasi dari 2 ml hingga 2 liter.
2. Gelas kimia
Kaca memiliki diameter besar di sepanjang dinding. Terbuat dari gelas borosilikat tahan panas hingga 200 ° C atau terbuat dari plastik. Gelas kimia yang digunakan untuk bahan kimia korosif terbuat dari PTPE. Ada ukuran 50ml, 100ml dan 2L.
3. Gelas Ukur (Silinder Bertingkat)
Gelas ukur (gelas ukur) digunakan untuk mengukur volume bahan kimia dalam bentuk cair. Alat ini memiliki skala yang tersedia dalam berbagai ukuran mulai dari 10ml hingga 2 liter. Gelas ukur ini tidak boleh digunakan untuk mengukur larutan / pelarut dalam kondisi panas. Karena gelas ukur biasanya terbuat dari polypropylene (plastik).
4. Tetes tetes
Pipet terbuat dari plastik atau kaca dengan ujung runcing dan karet. Berguna untuk mengambil cairan pada tetesan kecil.
5. Pengukuran pipet (pengukuran Pippete)
Piping Measure (Measuring Pippete) adalah alat yang terbuat dari kaca. Pipet ini memiliki skala. Digunakan untuk mengambil solusi dari ukuran tertentu. Gunakan pompa bulp atau pipet untuk menyerap solusi. Untuk mengumpulkan cairan lebih akurat, kita bisa menggunakan mikropipet yang sangat akurat.
6. Labu (Labu Volumetrick)
Labu (Volumetrick Flask) terbuat dari kaca dan tidak boleh terkena panas karena dapat mengembang. Di sekitar leher ada kelulusan, ukuran, toleransi, kalibrasi suhu dan level gelas. Ukuran berkisar dari 1 ml hingga 2 liter. Volumetrick vial menemukan solusi pada konsentrasi spesifik dan mencairkan solusi dengan akurasi tinggi.
7. Kering
Pengering ditandai dengan wadah dua tingkat, yang bagian bawahnya diisi dengan pengering, dengan penutup yang sulit dihilangkan dalam dingin karena dilapisi dengan dua kapsul. Ada dua jenis pengering: pengering biasa dan pengering vakum. Pengering udara pada tutupnya memiliki katup yang dapat membuka tutupnya, dan itu terhubung ke selang pompa. Bahan pengeringan yang biasa digunakan adalah gel silika. Indikator bertindak sebagai ruang penyimpanan untuk sampel yang harus bebas dari air dan padatan kering.
8. Dididh labu (labu rebus)
Labu dididh (labu rebus) memiliki tipe leher: leher tunggal, leher ganda dan leher tiga. Basisnya bulat (round bottom) dan ada pula yang rata (flat). Terbuat dari kaca tahan panas pada suhu 120-300 ° C. Volume dimulai dari 250ml hingga 2000ml. Abu hancur (labu rebus) untuk memanaskan dan menyimpan solusinya.
9. Berat botol
Batang tebal sering digunakan untuk menentukan kadar air suatu barang dalam penelitian. Selain itu, botol-botol berat juga digunakan untuk menyimpan bahan-bahan yang akan ditimbang, terutama untuk cairan dan pasta.
10. Kapasitor (Kapasitor)
Kondensor (kondensor) digunakan sebagai pendingin uap panas, dan biasanya digunakan dalam proses destilasi uap. Kapasitor memiliki beberapa jenis, yaitu lurus (Liebig), Graham, Spiral (dimrot), bulat (Allihn).
11. Sendok
Sendok dalam bentuk sendok panjang dengan kepala datar, terbuat dari stainless steel atau aluminium. Alat untuk memulihkan objek. Sendok sering digunakan di laboratorium biologi atau bahan kimia dalam bentuk sendok kecil, datar, dan cincang. Fungsi: Ø Untuk mengambil bahan kimia sebagai padatan Ø Gunakan untuk memindahkan solusinya.
Baca Juga: https://bukabukumu.com/alat-alat-laboratorium/
Be the first person to like this.